Sabtu, 24 September 2011

BELAJAR DESAIN GRAFIS

Sebelum mengenal desain grafis alangkah baiknya mempelajari berikut ini he....he..he....
Ketika membuat layout baru, kamu harus mulai dengan dasar elemen desain: line, bentuk, tekstur, ruang, ukuran, nilai, dan warna. Elemen dasar ini dapat menghasilkan berbagai layout tergantung bagaimana mereka sedang digunakan.

Garis
Garis adalah tanda untuk menghubungkan dua titik. Berbagai jenis garis muncul di mana-mana. Lihatlah di sekitar Anda dan Anda akan melihat baris yang lurus, lengkung, berbelok-belok, tipis, tebal, dan titik-titik.

Garis dapat digunakan untuk:
1. Mengatur informasi.
2. Penekanan kata.
3. Menghubungkan informasi.
4. Outline foto .
5. Membuat kotak.
6. Membuat bagan atau grafik.
7. Membuat pola atau ritme dengan membuat banyak baris.
8. Membuat penekanan langsung ke mata pembaca. (Membuat garis diagonal.)
9. Mensugesti emosi.

Bentuk
Sesuatu yang memiliki tinggi dan lebar. Bentuk yang tidak biasa dapat digunakan untuk menarik perhatian. Ada tiga jenis dasarnya bentuknya. Geometric bentuk, seperti triangles, squares, Rectangles, dan area yang teratur dan terstruktur. Bentuk ini bekerja dengan baik sebagai bangunan blok untuk desain grafis. Bentuk alam, seperti binatang, tanaman, dan manusia, dan bentuk lain yang tak biasa. Abstrak, seperti ikon, bergaya angka, grafik dan ilustrasi, adalah versi sederhana dari alam bentuk.

Dengan bentuk Anda dapat:
1. Memotong foto yang menarik dalam perjalanan, seperti dalam sebuah oval.
2. Menyimbolkan ide.
3. Membuat blok teks yang lebih menarik dengan menetapkan teks ke dalam bentuk.
4. Buat format baru.
5. Meng-highlight informasi.

Tekstur
Tekstur adalah tampilan atau merasa dari permukaan. Anda dapat menambah dimensi dan kekayaan Anda dengan layout tekstur. Tekstur visual menciptakan sebuah ilusi dari tekstur pada publikasi cetak atau halaman web. Pola, seperti gambar-gambar yang dicetak pada kertas, adalah jenis visual tekstur. Berkenaan dgn peraba tekstur dapat benar-benar dirasakan. Cetak publikasi dapat dicetak pada kertas yang textured pembaca dapat merasa.

Tekstur dapat digunakan untuk:
1. Memberikan publikasi cetak, presentasi, atau halaman web yang mood
2. Kontras untuk membuat bunga.
3. Bermain-main mata.
4. Memprovokasi emosi.
5. Membuat rasa kekayaan dan mendalam.

Ruang
Ruang adalah jarak antara atau daerah atau sekitar sesuatu. Memisahkan ruang atau unifies, highlight, dan memberikan mata visual istirahat.

Ruang dapat digunakan untuk:
1. Memberikan mata visual istirahat.
2. Membuat hubungan antara unsur-unsur.
3. Sorot salah satu elemen.
4. Menaruh banyak spasi sekitar yang penting untuk memanggil perhatian kepadanya.
5. Membuat layout mudah untuk mengikuti.
6. Membuat tipe dibaca mungkin.
Desain Grafis Tips:
Spasi (tanpa teks dan gambar) sangat penting untuk desain grafis. Kuncinya adalah untuk menambahkan hanya cukup spasi sehingga mata tahu ke mana pergi dan dapat beristirahat sedikit ketika mendapat sana.
Anda dapat mengendalikan spasi di lokasi berikut: margin, jarak paragraf, jarak antara baris teks, gutters (ruang antara kolom), dan di sekeliling teks dan gambar.

Ukuran
Adalah bagaimana ukuran besar atau kecil sesuatu. Ukuran sangat penting dalam membuat sebuah layout fungsional, menarik, dan terorganisir. Ini menunjukkan apa yang paling penting, menarik perhatian, dan membantu agar sesuai dengan tata letak bersama.

Ukuran dapat digunakan untuk:
1. Menunjukkan elemen yang paling penting adalah dengan melakukan hal yang terbesar.
2. Membuat semua elemen mudah untuk melihat.
3. Menarik perhatian.
4. Kontras dua elemen untuk membuat bunga.
5. Membuat tampilan yang konsisten di seluruh publikasi yang dicetak atau halaman web.

Nilai
Nilai adalah terang atau gelapnya dari suatu area. Spektrum dari hitam ke putih dan abu-abu yang banyak diantara bayangan. Setiap bayangan pada spektrum ini memiliki nilai, dari yang sangat terang dengan sangat gelap. Memisahkan nilai, menunjukkan suasana hati, menambah drama, dan menciptakan ilusi yang mendalam.

Nilai yang dapat digunakan untuk:
1. Membawa mata di fokus halaman,
2. Membuat pola.
3. Memberikan ilusi dari volume dan kedalaman dengan menambahkan shading ke suatu
4. Membuat gambar gelap terang.
5. Membuat tata letak dramatis dengan besar bidang gelap atau terang shading.
6. Menekankan sebuah elemen.
7. Membuat objek yang akan muncul di depan atau di belakang satu sama lain.

Warna
Warna dalam layout dapat menyampaikan moods, membuat gambar, menarik perhatian, dan mengidentifikasi objek. Ketika memilih warna untuk publikasi atau halaman web, tentang apa yang ingin Anda lakukan dan ke warna apa yang cocok untuk tujuan anda.

Warna dapat digunakan untuk:
1. Sorot elemen penting dan utama seperti subheads.
2. Menarik mata.
3. Sinyal di mana pembaca untuk melihat terlebih dahulu.
4. Membuat gambar atau moods.
5. Mengatur.
6. Bersama kelompok elemen atau mengisolasi mereka.
7. Memprovokasi emosi.


Source : http://belajardesain.wordpress.com
diambil dan diedit dari http://cyberholic18.blogspot.com
 
Salam Desain grafis........!!! 
 

Shorcut Key Corel DRAW 11

Perintah shortcut standard yang menempel pada ratusan fungsi control di coreldraw.
Kebanyakan para pemakai software apapun pasti nggak jauh-jauh amat dari mouse klik kiri dan klik kanan untuk melakukan fungsi perintahnya.

Nah biar kerja semakin cepat nggak buang – buang waktu  dan lebih akurat saat mendesain (presisi) alangkah baiknya alternatif shortcut lebih sering dipakai…dan biar tangan kiri kita ada kerjaannya ,ngak cuma tangan kanan yang disuruh kerja melulu....

Nah.. dibawah ini adalah fungsi shorcut yang sudah ada di coreldraw, sebenarnya masih banyak shortcut-shortcut yang belum disediakan coreldraw.. kalau kita lebih teliti sebenarnya bang ‘corel’ ngasih kebebasan buat kita untuk membuat shortcut sendiri..
oke.. selamat mencoba … shortcut dibawah ini…

  • New File ==> Ctrl+N
  • Buka FIle = =>Ctrl+O
  • Simpan ==> Ctrl+S
  • Simpan sebagai ==> Ctrl+Shift+S
  • Import ==> Ctrl+I
  • Export ==> Ctrl+E
  • Keluar dari corel ==> Alt+F4
  • Mundur 1 perintah ==> Ctrl+Z (satu kali artinya mundur 1, 2 kali mundur 2 dst…)
  • Redo = =>Ctrl+Shift+Z (maju langkah perintah sebelumnya)
  • Properties = =>Alt + Enter
  • Option ==> Ctrl+J
  • Fullscreen Preview/tampilan full ==> Ctrl+F9
  • Snap to Gird = =>Ctrl + Y
  • Group = =>Ctrl+G
  • Ungroup ==> Ctrl+U
  • Transformation Position ==> Alt+F7
  • Rotate = =>Alt+F8
  • Scale==>Alt+F9
  • Size = =>Alt+F10
  • Object rata kiri = =>L
  • Object rata kanan ==> R
  • Object rata atas = =>T
  • Object rata bawah = =>B
  • Object rata tengah horisontal = =>E
  • Object rata tengah vertikal = =>C
  • Object rata di tengah halaman ==> P
  • Combine ==> Ctrl+L
  • Break Apart ==> Ctrl+K
  • Convert To Curves ==> Ctrl+Q
  • Gambar didepan Layer = =>Shift+PgUp
  • Gambar dibelakang Layer = =>Shift+PgDn
  • Forwad one = =>Ctrl+PgUp
  • Back one = =>Ctrl+PgDn
  • Format Karakter teks ==> Ctrl+T
  • Edit Teks = =>Ctrl+Shift+T
  • Masukan Karakter Simbol = =>Ctrl+F11
  • Convert Teks ==> Ctrl + F8
  • Spell Chek ==> Ctrl + F12
  • Simbol manager ==> Ctrl+F3
  • Refresh Windows = =>Ctrl+W
  • Break Apart ===> Ctrl+K
  • Combine ===> Ctrl+L
  • Contour ===> Ctrl+F9
  • Copy ===> Ctrl+C
  • Copy ===> Ctrl+Insert
  • Duplicate ===> Ctrl+D
  • Ellipse/Buat Objek Lingkaran ===> F7
  • Envelope ===> Ctrl+F7
  • Export... ===> Ctrl+E
  • Find Text... ===> Alt+F3
  • Format Text... ===> Ctrl+T
  • Freehand ===> F5
  • Graph Paper ===> D
  • Import... ===> Ctrl+I
  • Lens ===> Alt+F3
  • Options... ===> Ctrl+J
  • Paste ===> Ctrl+V
  • Paste ===> Shift+Insert
  • Polygon ===> Y
  • Position ===> Alt+F7
  • Print... ===> Ctrl+P
  • Rectangle ===> F6
  • Repeat ===> Ctrl+R
  • Rotate ===> Alt+F8
  • Scale ===> Alt+F9
  • Spell Check... ===> Ctrl+F12
  • Spiral ===> A
  • Text /Buat nulis huruf ===> F8
  • Undo ===> Alt+Backspace
  • Visual Basic Editor... ===> Alt+F11
  • What's This? ===> Shift+F1
  • Align To Baseline ===> Alt+F12
  • All Small Capitals ===> Ctrl+Shift+K
  • Artistic Media ===> I
  • Back ===> Ctrl+PgDn
  • Bold ===> Ctrl+B
  • Brightness/Contrast/Intensity... ===> Ctrl+B
  • Bring up Property Bar ===> Ctrl+Return
  • Bullet ===> Ctrl+M
  • Change Case... ===> Shift+F3
  • Center ===> Ctrl+E
  • Center to Page ===> P
  • Color Balance... ===> Ctrl+Shift+B
  • Color ===> Shift+F12
  • Color ===> Shift+F11
  • Convert ===> Ctrl+F8
  • Convert To Curves ===> Ctrl+Q
  • Convert Outline To Object ===> Ctrl+Shift+Q
  • Cut ===> Ctrl+X
  • Cut ===> Shift+Delete
  • Delete ===> Delete
  • Delete Character to Right ===> Delete
  • Delete Word to Right ===> Ctrl+Delete
  • Distribute Bottom ===> Shift+B
  • Distribute Centers Horizontally ===> Shift+E
  • Distribute Centers Vertically ===> Shift+C
  • Distribute Left ===> Shift+L
  • Distribute Right ===> Shift+R
  • Distribute Spacing Horizontally ===> Shift+P
  • Distribute Spacing Vertically ===> Shift+A
  • Distribute Top ===> Shift+T
  • Drop Cap ===> Ctrl+Shift+D
  • Edit Text... ===> Ctrl+Shift+T
  • Exit ===> Alt+F4
  • Eraser ===> X
  • Font List ===> Ctrl+Shift+F
  • Font Size Decrease ===> Ctrl+NUMPAD2
  • Font Size Decrease ===> Ctrl+NUMPAD2
  • Font Size Increase ===> Ctrl+NUMPAD8
  • Font Size Increase ===> Ctrl+NUMPAD8
  • Font Size List ===> Ctrl+Shift+P
  • Font Size Next Combo Size ===> Ctrl+NUMPAD6
  • Font Size Next Combo Size ===> Ctrl+NUMPAD6
  • Font Size Previous Combo Size ===> Ctrl+NUMPAD4
  • Font Size Previous Combo Size ===> Ctrl+NUMPAD4
  • Font Weight List ===> Ctrl+Shift+W
  • Force Full ===> Ctrl+H
  • Forward One ===> Ctrl+PgUp
  • Fountain ===> F11
  • Full ===> Ctrl+J
  • Graphic and Text Styles ===> Ctrl+F5
  • HTML Font Size List ===> Ctrl+Shift+H
  • Hand ===> H
  • Horizontal Text ===> Ctrl+,
  • Hue/Saturation/Lightness... ===> Ctrl+Shift+U
  • Insert Character ===> Ctrl+F11
  • Interactive Fill ===> G
  • Italic/huruf miring ===> Ctrl+I
  • Left ===> Ctrl+L
  • Linear ===> Alt+F2
  • Mesh Fill ===> M
  • Micro Nudge Down ===> Ctrl+DnArrow
  • Micro Nudge Left ===> Ctrl+LeftArrow
  • Micro Nudge Right ===> Ctrl+RightArrow
  • Micro Nudge Up ===> Ctrl+UpArrow
  • Move Down 1 Frame ===> PgDn
  • Move Down 1 Line ===> DnArrow
  • Move Down 1 Paragraph ===> Ctrl+DnArrow
  • Move Left 1 Character ===> LeftArrow
  • Move Left 1 Word ===> Ctrl+LeftArrow
  • Move Right 1 Character ===> RightArrow
  • Move Right 1 Word ===> Ctrl+RightArrow
  • Move Up 1 Frame ===> PgUp
  • Move Up 1 Line ===> UpArrow
  • Move Up 1 Paragraph ===> Ctrl+UpArrow
  • Move to Beginning of Frame ===> Ctrl+Home
  • Move to Beginning of Line ===> Home
  • Move to Beginning of Text ===> Ctrl+PgUp
  • Move to End of Frame ===> Ctrl+End
  • Move to End of Line ===> End
  • Move to End of Text ===> Ctrl+PgDn
  • Navigator ===> N
  • Next Page ===> PgDn
  • None ===> Ctrl+N
  • Nudge Down ===> DnArrow
  • Nudge Up ===> UpArrow
  • Nudge Left ===> LeftArrow
  • Nudge Right ===> RightArrow
  • Pan Down ===> Alt+DnArrow
  • Pan Left ===> Alt+LeftArrow
  • Pan Right ===> Alt+RightArrow
  • Pan Up ===> Alt+UpArrow
  • Pen ===> F12
  • Previous Page ===> PgUp
  • Properties ===> Alt+Return
  • Refresh Window ===> Ctrl+W
  • Right ===> Ctrl+R
  • Size ===> Alt+F10
  • Save As... ===> Ctrl+Shift+S
  • Select Down 1 Frame ===> Shift+PgDn
  • Select Down 1 Line ===> Shift+DnArrow
  • Select Down 1 Paragraph ===> Ctrl+Shift+DnArrow
  • Select Left 1 Character ===> Shift+LeftArrow
  • Select Left 1 Word ===> Ctrl+Shift+LeftArrow
  • Select Right 1 Character ===> Shift+RightArrow
  • Select Right 1 Word ===> Ctrl+Shift+RightArrow
  • Select Up 1 Frame ===> Shift+PgUp
  • Select Up 1 Line ===> Shift+UpArrow
  • Select Up 1 Paragraph ===> Ctrl+Shift+UpArrow
  • Select all objects ===> Ctrl+A
  • Select to Beginning of Frame ===> Ctrl+Shift+Home
  • Select to Beginning of Line ===> Shift+Home
  • Select to Beginning of Text ===> Ctrl+Shift+PgUp
  • Select to End of Frame ===> Ctrl+Shift+End
  • Select to End of Line ===> Shift+End
  • Select to End of Text ===> Ctrl+Shift+PgDn
  • Shape ===> F10
  • Show Non-Printing Characters ===> Ctrl+Shift+C
  • Snap To Grid ===> Ctrl+Y
  • Style List ===> Ctrl+Shift+S
  • Super Nudge Down ===> Shift+DnArrow
  • Super Nudge Left ===> Shift+LeftArrow
  • Super Nudge Right ===> Shift+RightArrow
  • Super Nudge Up ===> Shift+UpArrow
  • Text/menulis huruf ===> Ctrl+F10
  • Toggle Pick State ===> Ctrl+Space
  • Toggle View ===> Shift+F9
  • Underline/garis bawah ===> Ctrl+U
  • Vertical Text ===> Ctrl+.
  • View Manager ===> Ctrl+F2
  • Zoom/untuk membesarkan tampilan ===> Z
  • Zoom Out ===> F3
  • Zoom One-Shot ===> F2
  • Zoom To Fit ===> F4
  • Zoom To Page ===> Shift+F4
  • Zoom To Selection ===> Shift+F2 
 Maaf ini kalau ada yang menggunakan bahasa inggris soalnya saya masih nggak tahu artinya.....biar kamu sambil blajar bahasa inggris....menurut peribahasakan "sambil menyelam minum air".. ih jorok....tapikan sambil blajar mendesain juga blajar bahasa inggris.......

Semoga Sukses....,Salam desain grafis.!!!      

bagaimana memulai desain grafis ?


Bagaimana memulai belajar Desain Grafis? Memang itu sebuah pertanyaan yang sangat mendasar bagi seorang desiner pemula.

Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.


Ada beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis yang saya ambil dari situs http://id.wikipedia.org/

Menurut Suyanto desain grafis didefinisikan sebagai ” aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri“. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, dan lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
Sedangkan Jessica Helfand dalam situs http://www.aiga.com/ mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Menurut Danton Sihombing desain grafis mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi. Elemen-elemen tersebut diterapkan dalam dua fungsi, sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.

Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran (juxtaposition).

Warren dalam Suyanto memaknai desain grafis sebagai suatu terjemahan dari ide dan tempat ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.

Sedangkan Blanchard mendefinisikan desain grafis sebagai suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri, seni dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.

Kategori Desain Grafis
Secara garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
1. Printing (Percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2. Web Desain: desain untuk halaman web.
3. Film termasuk CD, DVD, CD multimedia untuk promosi.
4. Identifikasi (Logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain industri, dan arsitek taman.
5. Desain Produk, Pemaketan dan sejenisnya.

Program Pengolah Grafis
Oleh karena desain grafis dibagi menjadi beberapa kategori maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya.

1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe FrameMaker
- Adobe In Design
- Adobe PageMaker
- Corel Ventura
- Microsoft Publisher
- Quark Xpress

2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Adobe Illustrator
- Beneba Canvas
- CorelDraw
- Macromedia Freehand
- Metacreations Expression
- Micrografx Designer

3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggapa sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
- Adobe Photoshop
- Corel Photo Paint
- Macromedia Xres
- Metacreations Painter
- Metacreations Live Picture
- Micrografx Picture Publisher
- Microsoft Photo Editor
- QFX
- Wright Image

4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
- Adobe After Effect
- Power Director
- Show Biz DVD
- Ulead Video Studio
- Element Premier
- Easy Media Creator
- Pinnacle Studio Plus
- WinDVD Creater
- Nero Ultra Edition

5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik.
Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
- Macromedia Authorware
- Macromedia Director
- Macromedia Flash
- Multimedia Builder
- Ezedia
- Hyper Studio
- Ovation Studio Pro


Salam desain grafis,!!!